Belajar dari kesuksesan orang lain merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi jika orang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi

IMAJINASI ADALAH BENGKEL KERJA BAGI JALAN PIKIRAN

Imajinasi atau daya khayal pada hakekatnyaadah satu wadah tempat manusia itu menempa segala rencananya. Dorongan dan keinginan seseorang itu di beri bentuk dan menjelma menjadi tindakan berkat bantuan daya hayal pikiran orang. iMAJINASI adalahsatu bengkel kerja bagi jalan pikiran kita, imajinasi atao daya khayal pada hakekatnya adal Meskipun daya khayal itu sudah semenjak dari awal mula dimiliki manusia, namun baru limapuluh tahun belakangan ini manusia berhasil membuat penemuan luar biasa dan sempat menaklukkan tenaga alam secara hebat bila di bandingkan dengan dimasa masa llampau. Manusia telah sempat menguasai angkasa sepenuhnya, sehingga burung burung diudara itu tidak berate apa apa di bidang penerbangan manusia. Manusia telah menganalisa dan membuat perhitungan ilmiah tentang matahari yang terletak sampai berjuta juta mil itu jaraknya , dandengan bantuan daya khayalnya manusia telah dapat menentuka unsur unsur yang membentuk matahari itu. Manusia telah berhasil mempercepat peluncuran gerak sesuatu benda , sehingga dengan demikian manusia telah mampu membuat perjalanan dengan kecepatan lebih dari enam ratus mil perjam.

Batas daya khayal manusia dalam rangka pemikiranya terletak pada perkembangan daya khayalnyaitu Manusia mencapai puncak daripada perkembanganya dalam menggunakan daya khayalnya itu. Ia baru menemukan dirinya sebagai makhluk yang mempunyai daya khayal dan telah memulai menggunakanya dalam acara yang sederhana sekali.

NTUKTUK IMAJINASI. Daya imajinasi itu mempunyai bentuk . Yang satu kita kenal dengan istilah pertama adalah imajinasi sintetik kedua imajinasi kreatif.

Imajinasi sintetik-melalui daya khayal ini seseorang bisa menyusun konsep lama ,gagasan atau rancangan yang lama menjadi satu kombinasi yang baru lagi .Daya khayal ini tidak menciptakan sesuatu .Daya khayal ini hanya mengolah bahan yang telah ada berdasarkan pengalaman ,pendidikan ,dan pengamatan yang menunjang daya khayal itu. Daya khayal ini kebanyakan dipakai oleh para penemu . Dalam hal ini sebagai pengecualian ialah orang orang yang jenius , yang menonjolkan daya khayal yang kreatif pada saat ia tidak mampu memecahkan suatu persoala melalui imajinasi sintetik. Imajinasi.

Kreatif-Mmelalui daya khayalyang kreatif kemampuan pikran manusia yang terbatas itu langsung bersentuhan dengan alam kecerdasan yang tak terbatas .Daya khayal ini di terima seseorang melalui apa yang kita sebut ‘’ilham’’ atao “wahyu”. Melalui daya khayal inilah maka seseorang bisa memperoleh satu gagasan dasar yang baru sama sekali . Malahan daya khayal inilah yang yang menyebabkan seseorang manusia itu bisa melakukan kontak atau berhubungan dengan alam bawah sadar manusia lainya.

Dengan daya khayal itu ia bisa mencipta daya khayal yang kreatif itu bekerja secara otomatis . Akan tetapi daya khayal ini hanya bekerja apabila jalan pikiran kita yang sadar itu bekerja menurut batas kecepatan yang tertentu . Misalnya saja apabila pikiran yang sadar itu dirangsang oleh emosi yang mengandung hasrat yang kuat. Daya khayal yang kreatif menjadi lebih waspda dalam kaitan perkembanganya melalui penggunaanya. Pemimpin yang besar dan terkenal dibidang perdagangan , industry, keuwangan serta para seniman besar , pencipta lagu pujangga ,pengarang , mereka semua menjadi besar dan terkenal oleh karena mereka bisa memperkembangkan daya khayal mereka yang kreatif. Baik imajinasi sintetik maupun imajinasi kreatif menjadi semakin tajam melalui penggunaan ,tak bedanya dengan penggunaan sebuah otot ataun sesuatu organ tubuh itu bisa berkembang melalui penggunaanya. 

Hasrat itu hanyalahsuatu pemikiran atao dorongan. Tetapi sifatnya masih abstrak, belum berwujud.Oleh sebab itu ia belum mengandung nilai. Ia barulah mempunyai arti apabila sudah dialihkan kedalam bentuk yang berwujud . Yang paling banyak kita gunakan dalam hidup ini adalah daya khayal yang sintetik. Juga dalam pruses mengalihkan hasrat untuk mengarah pada wujud berupa uang, maka kita banyak menggunakan daya khayal sintetik itu. Akan tetapi bila kita berhadapan dengan suatu keadaan atao situasi yang menuntut daya khayal yang kreatif, maka kita bisa saja manggunakan kedua daya khayal itu sekaligus. Itulah uraian imajinasi dan daya khayal untuk menjadi kajian yang menuju penerapan dalam mencapai kesuksesan , sekian dan trimakasih telah membaca artikel ini jika belum jelas anda bisa membaca ulang atau menyimpan halaman ini di browser anda. Salam sukses selalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan relefan agar komentar anda tidak masuk ke kotak Spam

Copyright © Solenk Blog: IMAJINASI ADALAH BENGKEL KERJA BAGI JALAN PIKIRAN. All rights reserved. Template by Darmudi Blog.