Belajar dari kesuksesan orang lain merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi jika orang yang dijadikan sebagai sumber inspirasi

KISAH SUKSES DARI SEBUAH IDE

Bagaimana seorang penemu memperoleh ide idenya yang terbaik. Dr.Elmer R . Gates dari Chevy Chase ,Marylan telah berhasil menelorkan lebih dari 200 penemuan paten.Sebagian besar dari padanya adalah penemuan dasar. Hanya melalui suatu proses dengan cara membina danmenggunakan daya piker yang kreatif. Metodenya itu sangat penting dan menarik pula bagi seseorang yang berminat untuk meraih kedudukan manusia jenius seperti halnya Dr.Gates ini. Jelas sekali bahwa Dr.Gates ini tergolong salah seorang ahli ilmu pengetahuan yang beser di dunia ,meskipun dirinya tidak begitu banyak dipublikasikan orang. Di dalam laboratoriumnya ia mempunyai apa yang disebutnya Ruang komunikasi pribadi buat dirinya. Ruangan itu praktisnya kebal suaradan di atur sedemikian rupa semua sehingga semua semua cahaya tak dapat masuk. Di dalam ruangan itu diperlengkapi dengan sebuah meja kecil dan di atasnya ia letakkan sejumlah kertas untuk menulis . Di hadapan meja itu , pada dinding terdapat tombol listrik yang bias di gunakannya untuk mengatur cahaya listrik di dalam ruangan itu. Apabila Dr.Gates ingin mencurahkan ilham yang ia peroleh dari daya pikirannya yang kreatif itu , maka ia akan masuk ke dalam kamarnya itu. Ia akan duduk di depan meja itu dan memadamkan semua cahaya lampu dari dalam ruang itu. Lalu ia mulai memusatkan pikiran ke atas faktor-faktor yang telah diketahui tentang penemuan yang ingin ia rumuskan itu . Ia tetap duduk dalam keadaan diam seperti itu sampai timbul ide-ide yang mencetus bagaikan “kilat” melintasi benaknya dan meninggalkan pesan mengenai faktor-faktor yang tak diketahui sebelumnya di bidang penemuan baru itu.


Kadang kala ilham itu datang secara beruntun demikian cepatnya, sehingga ia terpaksa harus menulisnya segera. Dan untuk itu kadang-kadang makan waktu sampai tiga jam baginya untuk menulis .Apabila ilham itu telah berhenti mengalir , dan ia memperhatikan catatan-catatan yang telah ditulisnya itu ,maka ia perhatikan bahwa tulisan-tulisanya itu mengandung uraian rumus-rumus yang belum pernah dikenal data-datanya dalam dunia ilmu pengetahuan . Tambahan pula jawaban terhadap masalah yang ia pikir-pikirkan selama ini telah tertera dalam kertas catatannya itu.


Dr.Gates telah berhasil mecari nafkah dengan cara “menjual gagasan-gagasannya “ kepada perorangan tertentu atau perusahaan-perusahaan tertentu.Sebagai dari jumlah perusahaan besar di Amerika itu membayar sangat tinggi sekali untuk daya upayahnya yang berjam-jam itu “duduk mengeram guna meneteskan gagasan-gagasan baru itu . 

Sering kali perhitungan yang di kemukakan itu bias keliru , sebab sebagian besar perumusan itu disusun berdasarkan bimbingan jumlah tumpukan pengalaman yang pernah dihayati seseorang .Akan tetepi tidak semua ilmu pengetahuan yang berhasil di himpun oleh seseorang itu melalui jumlah pengalamannya itu bisa tepat dan cermat sifatnya . Oleh sebab itulah buah pikiran yang datangnya dari daya kemauan dan daya pikir yang kreakif itu lebih banyak dapat kita andalkan. Alasannya? Sebab ia berasal dari sumber-sumber yang lebih dapat diandalkan pula dibandingkan dengan cetusan pikiran kita berdasarkan hasil pengalaman kita itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan relefan agar komentar anda tidak masuk ke kotak Spam

Copyright © Solenk Blog: KISAH SUKSES DARI SEBUAH IDE. All rights reserved. Template by Darmudi Blog.