Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Tujuan Dari Ilmu Sosiologi?

sosiologi, sosiologi adalah, sosiologi sebagai ilmu, sosiologi sangat berguna bagi pembangunan karena dapat, sosiologi berasal dari kata, sosiologi ada hubungannya dengan sejarah, sebab sosiologi juga mempelajari, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari, sosiologi kelas 10, sosiologi agama, sosiologi adalah ilmu pengetahuan berdiri, sendiri yang objeknya adalah, sosiologi agama adalah, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ,struktur sosial dan proses sosial termasuk perubahan sosial, sosiologi artinya, sosiologi bersifat, sosiologi bersifat empiris, sosiologi bersifat empiris kumulatif dan nonetis ini merupakan ciri sosiologi sebagai, sosiologi bersifat teoritis, sosiologi bersifat kumulatif, sosiologi bersifat nonetis artinya, sosiologi bersifat teoritis artinya ,sosiologi, sosiologi cinta, sosiologi contoh, sosiologi ciri, sosiologi contohnya, sosiologi cabang ilmu pengetahuan sosial, sosiologi menitikberatkan analisisnya pada, sosiologi covid, sosiologi cibeber, sosiologi dapat digunakan pada suatu cakupan paling luas yang meliputi, sosiologi disebut juga sebagai ilmu kemasyarakatan karena, sosiologi disebut sebagai ilmu pengetahuan ,karena sosiologi memiliki ciri-ciri, sosiologi dapat digolongkan sebagai ilmu ,murni sekaligus ilmu terapan hal ini tergolong, sosiologi didasarkan pada hasil observasi tidak spekulatif dan menggunakan akal sehat, sosiologi dikenal sebagai ilmu yang ,membicarakan masyarakat karena, sosiologi dan antropologi, sosiologi diartikan ilmu tentang, sosiologi ekonomi, sosiologi empiris, sosiologi ekonomi adalah, sosiologi ekonomi pdf, sosiologi emile durkheim, sosiologi ekonomi ppt, sosiologi etimologi, sosiologi ekonomi menurut para ahli, sosiologi fisip, sosiologi fakultas apa, sosiologi fisip unsoed, sosiologi fisip uns, sosiologi fisip unila, sosiologi fisipol ugm, sosiologi fakta sosial, sosiologi filsafat


pembangunan dilakukan setelah melewati tahap penelitian dan perencanaan social. Setelah kedua tahap tersebut berjalan, proses selanjunya adalah pelaksanaan pembangunan soerjono Soekanto berpendapat bahwa proses pembangunan berkaitan denganpandangan optimisi melalui usaha usaha untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik daripada keadaan sebelumnya. Dalam melaksanakan pembangunan,ada tahap tahapyang harus di selesaikan. 

Adapun tahap pembangunan sebagai berikut. Perencanaan Hasil peneletian yang telah di lakukanoleh para sosiolog selanjutnya di laporkankepada pemerintah sebagai bahanuntuk membuat perencanaan . Adanya keterpaduanya antara aspirasi masyarakat,informasi dari sosiologi dapat berguna dalam perencanaan social dengan asumsi sebagai berikut.

Apai Itu Ilmu Sosiologi? mempunyai dasar kemampuan tentang perkembangan kebudayaan masyarakat dari tradisional sampai modern. Pengertian sosiologi mempunyai dasar kemampuan memahami hubungan manusia dengan alam, antar golongan, proses perubahan, penemuan baru terhadap masyarakat. Sosiologi memiliki disiplin ilmu yang obyektif. Perencanaan social merupakan alat untuk mengetahui perkembangan kehidupan masyarakat.
Perencanaan social dapat dimanfaatkan untuk mengetahui batas batas keterbelakangan dan kemajuan masyarakat dalam bidang kebudayaan. 

Perencanaan social yang di lakukan melalui penelitian dapat di manfaatkan oleh pihak pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan yang tepat. Menurut  Wiliam F.Ogburnada empat syarat yang harus di laksanakan untuk melakukan perencanaan social. Adapun empat syarat dalam perencanaan social adalah sebagai berikut.

Adanya modernitas. Modernitas adalah penggunaan teknologi yang canggih dan memudahkan hidup manusia. Modernitas merupakan proses pergeseran mentalitas dan sikap agar sesuai dengan tuntutan jaman. 

Adanya system pengumpulan dan analisis informasi yang baik .modernitas berdampak pada system pengumpulan dan analisis informasi yang lebih baik , cepat dan efisien, melaluiMedia komunikasi Massa. Hal tersebut sangat memudahkan interaksi masyarakat. 

Adanya dukungan masyarakat. Modernitas dan system pengumpulan serta analisis informasi yang baik tidak akan berhasil dalam perencanaan tanpa adanya dukungan dari msyarakat.Hal ini karena masyarakat merupakan Stakeholder utama dalam perencanaan social. Adanya sikap pemimpin yabg orogresif . 

Ketiga hal tersebut di atas akan semakin sempurna dengan sikap pemimpin pemerintahan yang berpikiran maju., dan menyeluruh sehingga perencanaan social dapat tepat sasaran karena pada akhirnya pemimpinlah yang akan meneruskan perencanaan social untuk di jadikan keputusan pemerintah.  demikianla peran sosiologi dalam pembangunan trimakasih telah membaca artike ini semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Tujuan Dari Ilmu Sosiologi?"